Kamis, 10 Maret 2011

Sampah anywhere, anytime

              Anywhere, anytime, kita selalu melihat sampah. Baik itu sampah plastik, kertas, sisa-sisa makanan, sering kita jumpai. Tidakkah kita merasa risih apabila kita melihat sampah yang berserakan dan lalat-lalat yang beterbangan di sekitarnya? Pasti jawabannya adalah iya. Bau yang timbul, rasa yang jijik, biasanya hinggap pada diri kita apabila melihat sampah yang menumpuk. Sebagian orang di Indonesia sering membuang sampah di sungai, di selokan, dan terkadang, di mana saja mereka berada. Seenaknya saja membuang sampah di sembarang tempat. Apabila membuang sampah di dekat tempat berjualan makanan, hal tersebut dapat mengundang datangnya lalat pembawa penyakit. Sebab, lalat kemudian hinggap pada makanan, dan akan menyebabkan sakit perut pada pengonsumsi makanan yang tak sehat tersebut.




              Inilah salah satu contoh sikap buruk masyarakat yang membuang sampah sembarangan, tanpa menghiraukan dampak yang buruk terhadap lingkungan di sekitarnya.Dan pemandangan ini terdapat [pada salah satu sekolah faforit di sebuah kota. Akibatnya, pemandangan dan bau yang tak sedaplah yang nampak.
Apabila mereka kreatif, mereka bisa mengolah sampah tersebut menjadi barang-barang yang berguna bagi kehiduopan mereka. Tak perlu merogoh kocek yang dalam, cukup bahan-bahan yang sederhana dan keuletan. Seperti pembuatan tas dari sampah plastik.
              Sampah bisa dijadikan kompos. Yakni sampah daun. Bermanfaat, bukan? Lingkungan bersih, tanah subur.
Jika kita pikir-pikir, sampah tak selalu merugikan. Buktinya, sampah menghasilkan uang bagi tangan-tangan yang kreatif dan inofatif. Bisakah kita melakukannya ? Bisa! Asalkan ada kemauan yang kuat dari dalam diri kita. Jika kita dapat. Tak sedikit sampah yang tak dapat diuraikan, seperti sampah sterofoam yang memerlukan waktu hingga 2 juta tahun untuk dapat diuraikan. Selain itu, sterofoam sebenarnya juga tidak aman bagi kesehatan. Karena dapat menyebabkan kanker dalam jangka panjang.

0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates